Bahan Buat Sambel jengkol bumbu kuning yang Cepat

Dapatkan Koleksi Resep Masakan yang Enak dan Mudah Dibuat

Cara bikin sambel jengkol bumbu kuning | ResepEnakBGT.com. Haiiiiiiiiiii cookpad, omg lama banget gak share resep yaaa. Kali ini aku masakin suamiku jengkool, tp aku gak gitu suka siih, cuma bagian masak masak aja. Baunya pas mentah itu looh, astagaa bikin aku pusing.

Bagaimana sih cara masak sambel jengkol bumbu kuning. Pada tulisan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara memasak sambel jengkol bumbu kuning dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Cara membuatnya yang simpel dan rasanya yang sangat enak, tentunya membuat menu ini menjadi menu kesukaan semua orang. Cara Memasak Sambal Jengkol Cabe Ijo : Memarkan jengkol yang sudah direbus. Masukkan jengkol, penyedap rasa dan garam.

Resep Sambel jengkol bumbu kuning by ResepEnakBGT.com

sambel jengkol bumbu kuning - resepenakbgt.com

Tenang saja untuk tutorial cara memasak sambel jengkol bumbu kuning yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 11 bahan dan 4 step saja.

11 Bahan Bahan untuk Memasak Sambel jengkol bumbu kuning

Untuk dapat membuat sambel jengkol bumbu kuning pada tutorial ini kita perlu menyiapkan 11 bahan saja. Jadi silahkan kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Silahkan sediakan jengkol (boleh banyak ya) 9 pcs.
  2. Silahkan ambil Garam .
  3. Silahkan siapkan Kaldu ayam (royco) .
  4. Silahkan siapkan Minyak goreng .
  5. Silahkan siapkan Air .
  6. Silahkan ambil Bumbu halus .
  7. Silahkan ambil bawang merah 3 pcs.
  8. Silahkan ambil bawang putih 2 pcs.
  9. Silahkan ambil cabe merah besar 1 pcs.
  10. Silahkan siapkan cabe ijo (kalo mau pedes boleh pake cabe rawit ya) 10 pcs.
  11. Silahkan ambil kunyit 1 ruas.

Aduk-aduk dan masak sampai bumbu meresap. Lihat juga resep Ikan Ekor Kuning Sambal Padang enak lainnya. Minta antar belanja sama suami, tau nya malah minta di buatin kikil😅 simsalabim akhir nya masak kikil bumbu kuning deh 😍😍😍😘 Rebus jengkol hingga lembut , kemudian angkat dan kupas kulitnya. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah besar , cabai rawit merah , kunyit dan gula merah.

4 Tahapan untuk Memasak Sambel jengkol bumbu kuning

Apabila kalian sudah menyiapkan 11 bahan diatas. Selanjutnya kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin sambel jengkol bumbu kuning dibawah ini.

  1. Kupas jengkol lalu potong jengkol sesuai selera, lalu cuci kemudian goreng jengkol sampe matang tapi tidak terlalu kering ya sesuai selera kematangan nya aja.
  2. Cuci semua bahan bumbu halus, lalu ulek sampai halus, boleh pake blender.
  3. Panaskan minyak sayur kemudian tumis bumbu halus yg sudah di ulek tadi, tumis sampai keluar harum bumbu nya.
  4. Kemudian masukan jengkol yang sudah di goreng sebelum nya, tambahkan air sedikit, masukan garam, gula dan kaldu ayam nya. Test rasa jika air sudah menyusut angkat dan sajikan.

Tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama daun salam dan serai hingga harum. Tambahkan sedikit air dan diamkan sampai mendidih lalu masukan jengkol. Rasa gurih pedas dari bumbu rendang membuat hidangan jengkol semakin lezat. Untuk jengkol yang akan dimasak, gunakan jengkol tua. Pilih yang berkulit mulus tanpa adanya bagian yang rusak.

Bagaimana sangat mudah bukan membikin sambel jengkol bumbu kuning ini. Silahkan kita coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa. Seperti Resep ayam, resep daging, resep cemilan, resep kue, resep jajanan, resep mie, resep sup, resep bolu, resep kambing, resep sapi dan resep masakan enak lainnya.