Cara Masak Kering Tempe Teri Medan (so crunchy & spicy😍) yang Cepat

Dapatkan Koleksi Resep Masakan yang Enak dan Mudah Dibuat

Cara buat kering tempe teri medan (so crunchy & spicy😍) | ResepEnakBGT.com. Ditambahin teri medan deh biar makin yummy. Setelah dingin, simpan di tupperware biar tahan lama. Kalau mau spicy, cabe rawit merah jgn diskip.

Bagaimana sih cara memasak kering tempe teri medan (so crunchy & spicy😍). Pada postingan kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara masak kering tempe teri medan (so crunchy & spicy😍) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

It was eaten with yellow rice and Spicy Shrimp-Tofu-Potato (Sambal Goreng Udang-Tahu-Kentang). If you visit a Javanese restaurant, you will probably see kering tempeh among the many side dishes that you can order. Some places sell these in jars or packaged plastic bags, a great thing to stock at home since a couple of spoonful of this can perk up your humble steamed rice.

Cara Mengolah Kering Tempe Teri Medan (so crunchy & spicy😍) by ResepEnakBGT.com

kering tempe teri medan (so crunchy & spicy😍) - resepenakbgt.com

Tenang saja untuk tutorial cara buat kering tempe teri medan (so crunchy & spicy😍) yang akan kami jelaskan ini cuma memerlukan 14 bahan dan 9 langkah saja.

14 Bahan Bahan untuk Resep Kering Tempe Teri Medan (so crunchy & spicy😍)

Untuk bisa memasak kering tempe teri medan (so crunchy & spicy😍) pada postingan ini Anda memerlukan 14 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Silahkan siapkan tempe besar (500 gr), iris tipis kecil2 1 papan.
  2. Silahkan sediakan bawang merah, iris halus (me: 10 siung) 8.
  3. Silahkan sediakan bawang putih, iris halus 5.
  4. Silahkan sediakan cabe merah keriting, iris halus (me: 5 buah) 2.
  5. Silahkan sediakan cabe rawit merah, iris halus 3.
  6. Silahkan ambil daun salam 2 lbr.
  7. Silahkan siapkan daun jeruk, robek2, buang tulang daunnya 4 lbr.
  8. Silahkan sediakan lengkuas, geprek 3 cm.
  9. Silahkan ambil penuh (80-100 gr) gula merah, iris2 3 sdm.
  10. Silahkan siapkan air asam jawa (1 sdt asam jawa + 2 sdm air) 1 sdm.
  11. Silahkan sediakan kaldu ayam bubuk/penyedap rasa (me: kaldu jamur totole) 1-2 sdt.
  12. Silahkan siapkan garam (hati2 krn teri medan sdh asin) 1-2 sdt.
  13. Silahkan sediakan gula pasir (optional) 1 sdt.
  14. Silahkan siapkan kecap manis (me: tidak pakai karena sdh coklat banget tempenya) Secukupnya.

TERI MEDAN IKAN ASIN IKAN LAUT IKAN KERING OLAHAN IKAN LAUK IKAN. Udang Krispi/Udang Goreng Kering/Crunchy Prawn/Lauk Pauk. Lihat juga resep Kering Tempe Spesial Bu Fatmah Bahalwan enak lainnya. Salah satunya diolah dengan resep kering tempe.

9 Step by Step untuk Membuat Kering Tempe Teri Medan (so crunchy & spicy😍)

Jika kita sudah menyiapkan 14 bahan diatas. Sekarang kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin kering tempe teri medan (so crunchy & spicy😍) dibawah ini.

  1. Siapkan bahan. Iris tempe tipis2 n berbentuk korek api. Siapkan minyak baru di wajan, panaskan, tunggu sampai berbuih..
  2. Goreng tempe hingga matang & benar2 kering, kalo perlu dicicip dulu, sdh garing/belum (wajib goreng sampe kering yaa biar tempenya crunchy), tiriskan, sisihkan.. kering tempe teri medan (so crunchy & spicy😍) - resepenakbgt.com
  3. Cuci bersih teri medan, tiriskan sampai kering (pakai tisu dapur). Goreng sampai matang n garing. Ati2 mak, goreng teri tuh nyiprat2😁.. kering tempe teri medan (so crunchy & spicy😍) - resepenakbgt.com
  4. Masukkan 5 sdm minyak goreng. Panaskan, tumis bawang putih sebentar sampai harum..
  5. Masukkan bawang merah, cabe, daun salam, daun jeruk, lengkuas yg sdh digeprek. Tumis hingga layu, harum, dan matang.. kering tempe teri medan (so crunchy & spicy😍) - resepenakbgt.com
  6. Kecilkan api hingga benar2 kecil. Masukkan gula merah, gula pasir, garam, kaldu jamur. Aduk2 hingga gula merah mencair..
  7. Masukkan air asam jawa, aduk2 terus (api sangat kecil) sampai tidak ada kandungan air sama sekali (biar tempe bisa crunchy). Test rasa dulu yaa (ati2... panas🤪). Bisa tambahkan air asam jawa/garam/gulpas, sesuaikan selera aja. Setelah mengental & berbuih, segera masukkan tempe n teri, aduk cepat sampai semua terbalur rata dgn bumbu (masih dgn api yg sangat kecil atau boleh matikan kompor saat tempe dimasukkan).. kering tempe teri medan (so crunchy & spicy😍) - resepenakbgt.com
    kering tempe teri medan (so crunchy & spicy😍) - resepenakbgt.com
  8. Pindahkan ke wadah datar agar uap panas mudah keluar, setelah dingin, simpan di wadah tertutup rapat (tupperware). Sajikan dgn nasi uduk/nasi kuning/nasi daun jeruk & sambal bawang. Menu sambal bawang ada di lampiran. (lihat resep).
  9. Enak juga buat lauknya nasi daun jeruk😍 (lihat resep).

Pengolahan tempe kering, menjadikannya tidak mudah basi dan lebih tahan lama. Olahan kedelai fermentasi yang satu ini pun memiliki kandungan gizi yang cukup kaya. Mulai dari protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Untuk sayurnya sendiri pun bervariasi, ada labu, sayur nangka kuah kuning, sayur labu siam, wortel dan kacang panjang, dilengkapi pula dengan telur balado, rendang daging, kering tempe teri kacang dan kacang tanah goreng. Cari produk Keripik lainnya di Tokopedia.

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat kering tempe teri medan (so crunchy & spicy😍) ini. Silahkan kalian coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa. Seperti Resep ayam, resep daging, resep cemilan, resep kue, resep jajanan, resep mie, resep sup, resep bolu, resep kambing, resep sapi dan resep masakan enak lainnya.