Cara Masak Sayur Asem Betawi ala aku yang Enak

Dapatkan Koleksi Resep Masakan yang Enak dan Mudah Dibuat

Cara memasak sayur asem betawi ala aku | ResepEnakBGT.com. Resep Sayur Asem Betawi ala aku. Ini resep dari ibu aku dan aku selalu pake resep ini kl bikin sayur asem, eh ternyata suami juga suka dengan sayur asem ala aku ini 😘😘. Padahal Sayur Asem Betawi ala aku yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat menggugah selera kita.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat sayur asem betawi ala aku. Pada resep kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara membuat sayur asem betawi ala aku dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Jadi sayur paling favorit di warteg, hehehe. Dr kmrn udh pengen bnget bernostalgia Xixixi. Dan sudah beberapa kali pula aku belanja bahan sayur asem.namun selalu berakhir masuk kulkas.hihi.karena tau-tau sudah sore dan udah Magrib aja jika ingat mau masak sayur asem.

Cara Mengolah Sayur Asem Betawi ala aku by ResepEnakBGT.com

sayur asem betawi ala aku - resepenakbgt.com

Tenang saja untuk tutorial cara buat sayur asem betawi ala aku yang akan kami jelaskan ini cuma membutuhkan 16 bahan dan 5 tahap saja.

16 Bahan Bahan untuk Resep Sayur Asem Betawi ala aku

Untuk dapat bikin sayur asem betawi ala aku pada tutorial ini kamu perlu menyiapkan 16 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Silahkan ambil jagung manis, potong2 jadi 3 1 bh.
  2. Silahkan siapkan kacang tanah segenggam.
  3. Silahkan sediakan kacang panjang 10 lonjor.
  4. Silahkan ambil dan daun melinjo secukupnya buah.
  5. Silahkan siapkan pepaya muda / labu siam secukupnya buah.
  6. Silahkan siapkan kol secukupnya (optional cz disini suka dikasih kol) .
  7. Silahkan sediakan terong secukupnya (optional juga kl disini dipake 😁) .
  8. Silahkan siapkan air (kurang lebih) 2 liter.
  9. Silahkan ambil atau 3 biji asam matang / asam muda juga gpp 2.
  10. Silahkan siapkan kaldu jamur atau penyedap secukupnya.
  11. Silahkan siapkan Bumbu halus : .
  12. Silahkan sediakan atau 6 siung bawang merah 5.
  13. Silahkan ambil cabe keriting (kl mau bisa di + atau di -) 2 bh.
  14. Silahkan siapkan garam 1 sdt.
  15. Silahkan siapkan gula merah / gula pasir sedikit.
  16. Silahkan siapkan terasi matang secukupnya.

Alhamdulilllah.kok ya seger banget memang untuk menu buka puasa. Siapkan panci yang cukup besar, tuang air. Tambahkan asam jawa, bumbu halus, lengkuas, dan salam. Hai teman teman di video kali ini aku akan membagian cara membuat sayur asem khas betawi, rasanya benar benar nikmat dan segar. mau tau apa aja bumbunya?? yu.

5 Step by Step untuk Mengolah Sayur Asem Betawi ala aku

Setelah kita sudah menyiapkan 16 bahan diatas. Berikutnya Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat sayur asem betawi ala aku dibawah ini.

  1. Siapkan bahan lalu cuci bersih dan potong2 sesuai selera.
  2. Rebus air dalam panci sampai mendidih, sambil menunggu mendidih kita siapkan bumbu halusnya trus haluskan.
  3. Bila air sudah mendidih masukkan jagung, kacang tanah dan buah melinjo karena bahan ini memerlukan waktu agak lama biar matang. Setelah itu masukkan pepaya/ labu yg sudah dipotong2 baru masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan asam jawanya aduk rata.
  4. Biarkan sayur beberapa saat / sampai mendidih lagi tambahkan kaldu jamur / penyedap, tes rasa bila ada yg kurang bisa ditambah trus kl rasa asamnya sudah pas bisa kita ambil dan buang biji asamnya takutnya kl kelamaan bisa makin asam 😀 soalnya terendam sayur trus. Baru deh kita masukkin kacang panjang, daun melinjo dan kol yg sudah di potong kasar.
  5. Biarkan sesaat lalu matikan api. Sayur asem dah siap... enak ditemani tempe / tahu / ayam goreng apalagi ditemani ikan asin 👍👍👍.

Disni terkenal dgn sayur asem nya ,yg aku akuin emg enak bgt.sedaaaaappppppp . Makan kenyang ambil nasi sepuasnya, yg terkenal disini, sayur asem ala betawi, ada oncom merahnya plus irisan jengkol, plus kacang tanah yg gak dibuka kulitnya. Lihat juga resep Sayur asem ala anik enak lainnya. Lauk Yodha siang request Ayam Goreng.nah biar mau makan Sayur aku masakin Sayurnya ini. Jangan Asem ( Sayur Asem ) tapi versi Jowo.beda sama versi Betawi atau Bandung.ini ala Ibuku.kemaren pas Mbah Utinya di sini, di masakin ini.

Bagaimana sangat mudah bukan cara bikin sayur asem betawi ala aku ini. Silahkan kita coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa. Seperti Resep ayam, resep daging, resep cemilan, resep kue, resep jajanan, resep mie, resep sup, resep bolu, resep kambing, resep sapi dan resep masakan enak lainnya.